Aspek Kimia dalam Tubuh Manusia

Dalam tubuh manusia terdapat unsur-unsur yang dominan yaitu hydrogen (H), oksigen (O), nitrogen (N) dan Karbon (C). keempat unsure tersebut meliputi 99,35% dari jumlah atom dan meliputi 95,5% dari berat tubuh. Atom karbon memiliki sejumlah ciri yang menguntungkan, diantaranya kemampuan atom karbon untuk membentuk ikatan tunggal dan ganda dengan sesamanya yang memungkinkan pembentukan struktur kerangka yang sangat bervariasi seperti struktur linier, bercabang, siklik, dan mengikat berbagai jenis gugus fungsional.
Gambar: Ikatan Atom Karbon dalam Tubuh Makluk Hidup 
(Sumber Gambar: https://langitselatan.com)
 

Jika ditinjau dari persentase berat unsure pembentukan tubuh khususnya manusia, maka unsur oksigen sebesar 64%, karbon 18%, hydrogen 10%, nitrogen 3,5%, kalsium 2%, fosfor 1%, belerang 0,8% dan sisanya unsure lain. 

Proses dan reaksi kimia dalam tubuh dapat terjadi pada suhu rendah secara baik dan sempurna. Reaksi kimia tersebut meliputi beberapa hal yaitu: pembentukan, pemecahan serta pertukaran zat yang disertai perubahan energi dan menggunakannya untuk kegiatan jasmani disebut Metabolisme   

Tubuh dalam melakukan aktivitasnya membutuhkan energi. Berdasarkan sumbernya, energy dapat dibedakan menjadi tiga yaitu (1) cahaya matahari yang dibutuhkan pada peristiwa fotosintesis, (2) karbohidrat, lemak dan protein yang mengandung energy kimia. Jika zat tersebut mengalami katabolisme akan dihasilkan energy, yang sebagian digunakan untuk aktivitas tubuh, sedangkan sebagian lagi bergabung dengan ADP dan asam phosfat membentuk ATP, dengan reaksi sebagai berikut:

                       ADP   +    H3PO4    +   energy           ATP  +  H2O

Energy yang terlibat terikat dalam bentuk senyawa pembawa energy ATP dan ADP. Struktur ADP (Adenosin Diphosfat) tersusun dari basa adenine, gula ribose dan dua asam phosfat, sedangkan ATP (Adenosin Triphosfat) dari basa adenine, gula ribose dan tiga asam phosfat. Sumber energy ketiga berupa ATP, jika ATP dihidrolisis dengan bantuan enzim maka akan terurai menjadi ADP, asam phosfat dan energy. Reaksinya adalah sebagai berikut:

                               ATP  +  H2O   +  enzim       ADP   +    H3PO4    +   energy  

Bagan proses katabolisme dalam tubuh manusia (Sumber Gambar:  http://meisme12.blogspot.com)


Sumber Referensi:

Azhar Amsal, (2012). Konsep Dasar Biokimia dan Nutrisi dalam Al-Quran. Banda Aceh: Yayasan Pena


loading...

Post a comment

0 Comments