Kimia dalam Penglihatan

Hallo rekan-rekan semua, kali ini postingan saya membahas tentang senyawa organik yang terlibat dalam mekanisme  penglihatan. Rekan-rekan semua pasti sudah tahu, bahwasanya indra penglihatan kita adalah mata. Mata merupakan indra penglihatan yang diberikan Tuhan kepada seluruh makhluknya yang ada dipermukaan bumi ini yang berfungsi untuk melihat benda-benda atau bentangan panorama alam yang indah ini. Tanpa mata kita mustahil dapat melihat, dan indra penglihatan ini harus dijaga dengan baik agar aktivitasnya secara biologis tidak terganggu.

Jika di tinjau dari disiplin ilmu kimia organic, di dalam bola mata kita terdapat senyawa kimia yang berisomerisasi cis dan trans. Isomer cis-trans penting dalam beberapa proses biologi, salah satunya adalah penglihatan. Sel sel batang dalam retina mata mengandung pigmen merah, yang peka cahaya, dan dinamakan rodopsin. Pigmen ini adalah kompleks antara protein, opsin dengan aldehid tak jenuh 11-cis-retinal. 

Gambar: Struktur Isomer cis-trans  Retinal (Sumber Gambar: https://anto16ok.wordpress.com) 

Jika sinar tampak dengan energy yang sesuai diserap oleh rodopsin, cis-retinal berisomer menjadi isomer trans. Sebagaimana yang dapat anda lihat dari strukturnya, bentuk isomer cis dan trans sangat berbeda. Trans-retinal mengadakan kompleks dengan opsin (dinamakan lumirhodopsin) yang kurang mantap di banding dengan kompleks-cis, sehingga terurai menjadi opsin dan trans-retinal. Perubahan geometri ini di tanggapi oleh sel sel saraf, diteruskan ke otak dan diterima sebagai penglihatan.

Apabila ini semua terjadi, kita hanya mampu melihat sebentar saja, sebab semua 11-cis-retinal yang ada pada sel sel batang akan cepat habis dipakai. Untunglah ada enzim retinal isomerase, yang dengan bantuan cahaya mengubah trans-retinal kembali ke isomer 11-cis-retinal, sehingga daur dapat di ulangi lagi.

Vitamin A penting untuk penglihatan. Strukturnya hamper sama dengan retinal, kecuali bahwa gugus aldehid diganti dengan alcohol (-CH2OH menggantikan –CH  O  di ujung rantai). Vitamin A yang kita makan di oksidasi oleh enzim menjadi retinal. Siklus kimia dalam penglihatan adalahh sebagai berikut: 

Gambar: Siklus Kimia pada Penglihatan (sumber Gambar:  http://docplayer.info) 

loading...

Post a comment

0 Comments