Cabang-Cabang Ilmu Kimia Abad 21

Sebelum kita membahas tentang apa saja cabang-cabang dari berbagai disiplin ilmu yang terkait dengan disiplin ilmu kimia, terlebih dahulu kita harus mengetahui apa definisi ilmu kimia itu sendiri, baik definisi secara etimologi maupun secra terminologi.    

       Secara etimologi (Bahasa), ilmu kimia berasal dari bahasa Arab yaitu “Al-Kimiya” yang artinya Perubahan Materi. 

       Menurut Hiskia Ahmad (2003:2), pengertian ilmu kimia secara terminologi (istilah) adalah cabang ilmu pengetahuan yang mempelajari struktur materi, sifat-sifat materi, perubahan suatu materi menjadi materi lain serta energy yang menyertai perubahan materi. Secara ringkas, ilmu kimia merupakan ilmu tentang materi.

            Berdasarkan pengertian di atas, dapat diambil kesimpulan bahwa ilmu kimia adalah ilmu yang mempelajari tentang peristiwa dan gejala-gejala alam (sains) mengenai struktur, susunan, komposisi, sifat-sifat dan perubahan  suatu materi dari skala atom hingga molekul serta energy yang menyertai perubahan materi.     

Seluruh materi baik dilangit maupun di bumi merupakan zat-zat kimia yang berproses melalui peristiwa kimia (reaksi kimia). Tidaklah aneh jika ilmu kimia berkembang membaur dengan ilmu-ilmu pengetahuan alam lainnya, sehingga lahirlah anak cabang ilmu kimia yang sangat berperan dalam kehidupan manusia pada abad sekarang ini. Faktany banyak cabang-cabang dari disiplin ilmu kimia ini mendalami perkembangan secara teori dan praktik ilmiah, sehingga memungkinkan lahirnya sub cabang dari ilmu kimia itu sendiri. 

Berdasarkan perkembangan ilmu kimia pada abad 21 ini, secara garis besar cabang-cabang ilmu kimia adalah sebagai berikut:

a.    Kimia Organik

Kimia organic adalah disiplin ilmu kimia yang mengkaji struktur, sifat, komposisi, mekanisme dan reaksi senyawa organic (kimia karbon).

b.    Biokimia

Biokimia adalah cabang ilmu kimia yang mempelajari reaksi kimia dan interaksi kimia yang terjadi dalam organisme hidup.

c.    Kimia Analitik

Kimia analitik adalah cabang ilmu kimia yang mempelajari analisis cuplikan bahan untuk memperoleh pemahaman tentang susunan kimia dan strukturnya.

d.   Kimia Lingkungan

Kimia lingkungan adalah studi ilmiah terhadap fenomena kimia dan biokimia yang terjadi di alam.

e.    Kimia Anorganik

Kimia anorganik adalah ilmu kimia yang mempelajari tentang sifat dan reaksi senyawa anorganik, khususnya dalam bidang kimia organologam.

f. Kimia Fisik, Kimia Bahan Alam, Kimia Bahan Makanan, Kimia Inti, Fitokimia, Fotokimia, Farmakologi, Astrokimia, Kimia Nuklir, Kimia Polimer, Kimia Komputasi, Geokimia, Petrokimia dan sebagainya. 



Cabang-Cabang Ilmu Kimia (Sumber Gambar: Buzzle.com)


loading...

Post a Comment

0 Comments